Rabu, 17 Mei 2017

Tugas Identifikasi Jurnal

TUGAS
“IDENTIFIKASI JURNAL EKSPERIMENTAL BERJUDUL PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KOMPETENSI INTERPERSONAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA SD”
Makalah ini ditulis untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Eksperimen

Dosen Pengampu:
Dr. Laurensius Laka, M.Psi

Oleh:
Aprilia Kartika Sari
201569110007
Revi Ayunda Indriani
201569110039
Ilmi Rohmatul M.
201569110041
Rohmatul Isna
201569110050

PROGRAM STUDI ILMU PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
2017



Topik               : Permainan Tradisional
Masalah           : Apakah permainan tradisional dapat mempengaruhi kompetensi interpersonal dengan teman sebaya pada siswa Sekolah Dasar (SD)
Hipotesis         :
Ø  Ada perbedaan kompetensi interpersonal dengan teman sebaya yang signifikan pada kelompok eksperimen, antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Ø  Ada perbedaan kompetensi interpersonal dengan teman sebaya yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sesudah diberi perlakuan.

Variabel
Variabel Bebas: Permainan Tradisional
Ø  Variasi             : Ada – Tidak Ada, Subjek yang diberikan perlakuan (permainan tradisional) dan yang tidak diberikan perlakuan.
Ø  Manipulasi       : Manipulasi kejadian, dengan cara memberikan permainan tradisional pada kelompok eksperimen dan tidak memberikan permainan tradisisonal pada kelompok kontrol
Variabel Terikat: Kompetensi Interpersonal
Ø  Jenis Pengukuran : Perilaku yang tampak
Ø  Cara Pengukuran :
Variabel Sekunder:
Keluarga
Kognisi sosial
Jenis kelamin
Partisipasi sosial
Budaya
Tipe dan Desain Penelitian
Tipe Penelitian            : Penelitian lapangan
Desain penelitian         : Pre-test Post-test control design

Perencanaan penelitian
Subjek             : Anak sekolah dasar yang berusia tujuh hingga sembilan tahun, memiliki kompetensi interpersonal dalam kategori sedang hingga rendah berdasarkan pembagian lima kategorisasi.
Peralatan         : Skala Psikologi (Tes Kompetensi Interpersonal), Lapangan, alat tulis
Prosedur          :
Ø  Pembagian sample menjadi 2 kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol)
Ø  Pengumpulan data awal :
1.      Pengisian questionnaire
2.      Wawancara guru kelas
Ø  Pre-test
Ø  Randomisasi
Perlakuan pada kelompok eksperimen dan tanpa perlakuan pada kelompok kontrol.
Ø  Post-test
Ø  Analisis Data

Pelaksanaan     : Pelaksanaan penelitian sesuai dgn prosedur yg telah ditentukan sebelumnya.
Analisis Hasil : Hasil analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan perubahan skor kompetensi interpersonal pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata (p = 0,001 < 0,05). Skor pre-test antara kelompok eksperimen dan kontrol yang diuji menggunakan teknik Mann-Withney U Test menunjukkan bahwa perbedaan skor tidak signifikan (p =0,924 > 0,05). Hasil ini membuktikan bahwa kompetensi interpersonal subjek baik kelompok eksperimen maupun kontrol relatif sama sebelum perlakuan diberikan. Setelah perlakuan diberikan, terdapat perbedaan yang signifikan pada skor post-test antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol (p = 0,000 < 0,05). Subjek yang mendapat perlakuan memiliki kompetensi intrepersonal yang lebih tinggi dibandingkan subjek yang tidak mendapatkan perlakuan. Kompetensi interpersonal yang lebih tinggi ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor post-test pada kelompok eksperimen.

Kesimpulan       : Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan tradisional memiliki pengaruh dalam meningkatkan kompetensi interpersonal anak sekolah dasar.

Analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan uji wilcoxon dan Mann-Withney U Test.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar