TUGAS
“IDENTIFIKASI JURNAL
EKSPERIMENTAL BERJUDUL PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KOMPETENSI
INTERPERSONAL DENGAN TEMAN SEBAYA PADA SISWA SD”
Makalah ini ditulis
untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Eksperimen
Dosen Pengampu:
Dr. Laurensius Laka, M.Psi
Oleh:
Aprilia Kartika Sari
|
201569110007
|
Revi Ayunda Indriani
|
201569110039
|
Ilmi Rohmatul M.
|
201569110041
|
Rohmatul Isna
|
201569110050
|
PROGRAM STUDI
ILMU PSIKOLOGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS YUDHARTA PASURUAN
2017
Topik : Permainan Tradisional
Masalah : Apakah permainan tradisional dapat
mempengaruhi kompetensi interpersonal dengan teman sebaya pada siswa Sekolah
Dasar (SD)
Hipotesis
:
Ø
Ada perbedaan kompetensi
interpersonal dengan teman sebaya yang signifikan pada kelompok eksperimen,
antara sebelum dan sesudah diberikan perlakuan.
Ø
Ada perbedaan kompetensi
interpersonal dengan teman sebaya yang signifikan antara kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol sesudah diberi perlakuan.
Variabel
Variabel
Bebas: Permainan Tradisional
Ø
Variasi : Ada – Tidak Ada, Subjek yang
diberikan perlakuan (permainan tradisional) dan yang tidak diberikan perlakuan.
Ø
Manipulasi : Manipulasi kejadian, dengan cara
memberikan permainan tradisional pada kelompok eksperimen dan tidak memberikan
permainan tradisisonal pada kelompok kontrol
Variabel
Terikat: Kompetensi Interpersonal
Ø
Jenis Pengukuran : Perilaku
yang tampak
Ø
Cara Pengukuran :
Variabel
Sekunder:
Keluarga
Kognisi
sosial
Jenis
kelamin
Partisipasi
sosial
Budaya
Tipe
dan Desain Penelitian
Tipe
Penelitian : Penelitian
lapangan
Desain
penelitian : Pre-test Post-test
control design
Perencanaan
penelitian
Subjek
: Anak sekolah dasar yang
berusia tujuh hingga sembilan tahun, memiliki kompetensi interpersonal dalam
kategori sedang hingga rendah berdasarkan pembagian lima kategorisasi.
Peralatan : Skala Psikologi (Tes Kompetensi
Interpersonal), Lapangan, alat tulis
Prosedur :
Ø
Pembagian sample menjadi 2
kelompok (kelompok eksperimen dan kelompok kontrol)
Ø
Pengumpulan data awal :
1.
Pengisian questionnaire
2.
Wawancara guru kelas
Ø
Pre-test
Ø
Randomisasi
Perlakuan pada kelompok
eksperimen dan tanpa perlakuan pada kelompok kontrol.
Ø
Post-test
Ø
Analisis Data
Pelaksanaan : Pelaksanaan penelitian sesuai dgn prosedur yg
telah ditentukan sebelumnya.
Analisis Hasil : Hasil
analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan uji Wilcoxon
menunjukkan adanya perbedaan perubahan skor kompetensi interpersonal pada
kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan nilai
signifikansi yang kurang dari taraf nyata (p = 0,001 < 0,05). Skor pre-test
antara kelompok eksperimen dan kontrol yang diuji menggunakan teknik Mann-Withney
U Test menunjukkan bahwa perbedaan skor tidak signifikan (p =0,924 >
0,05). Hasil ini membuktikan bahwa kompetensi interpersonal subjek baik
kelompok eksperimen maupun kontrol relatif sama sebelum perlakuan diberikan.
Setelah perlakuan diberikan, terdapat perbedaan yang signifikan pada skor post-test
antara kelompok ekperimen dan kelompok kontrol (p = 0,000 < 0,05).
Subjek yang mendapat perlakuan memiliki kompetensi intrepersonal yang lebih
tinggi dibandingkan subjek yang tidak mendapatkan perlakuan. Kompetensi
interpersonal yang lebih tinggi ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor post-test
pada kelompok eksperimen.
Kesimpulan :
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan
sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan permainan tradisional
memiliki pengaruh dalam meningkatkan kompetensi interpersonal anak sekolah
dasar.
Analisis
data menggunakan teknik statistik nonparametrik dengan uji wilcoxon dan Mann-Withney
U Test.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar